Pemerintahan Desa

01 September 2021
Administrator
Dibaca 164 Kali
Bagian ini berisi informasi mengenai Pemerintahan Desa. Silakan klik pada tautan berikut untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci.
 
  1. Visi dan Misi
  2. Pemerintah Desa
  3. Badan Permusyawaratan Desa

 

 

VISI dan MISI

 

                                                                          Visi 

Mewujudkan Desa Maju, Sejahtra, Mandiri, Sehat dan Bahagia Warganya

Visi ini dapat digambarkan dengan :

  1. Desa Maju adalah Desa yang memiliki potensi sumber daya social, ekonomi dan ekologi serta kemampuan mengelolanya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, kualitas hidup manusia dan menanggulangi kemiskinan.
  2. Sejahtra adalah Desa yang masyarakatnya memiliki keswadayaan, partisipasi dan kesetiakawanan social yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan dasar dan mengembangkan penghidupan berkelanjutan serta menciptakan nilai tambah bagi produktivitas desa dan mampu memelihara kearifan lokal.
  3. Mandiri adalah Desa yang memiliki kemampuan melaksanakan pembangunan desa untuk peningkatan kualitas hidup dan kehidupan sebasar-besarnya untuk kesejahtraa masyarakat desa dengan ketahanan social, ketahanan ekonomi, dan ketahanan ekologi secara berkelanjutan.
  4. Sehat adalah suatu upaya untuk menyehatkan kondisi pedesaan yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni warganya dengan mengoptimalkan potensi masyarakat, melalui pemberdayaan kelompok kerja masyarakat.
  5. Bahagia warganya adalah memberikan dan menciptakan prakondisi yang menjamin warganya untuk berbahagia serta memberi kontribusi pada kehidupan warganya.

 

MISI

 

  1. Mewujudkan pemerintahan desa yang jujur dan berwibawa yaitu pemerintahan yang selalu memberlakukan dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi serta bebas dari praktik KKN.
  2. Pelayanan Publik yang cepat, tepat serta mudah bagi masyarakat dengan mengoptimalkan peran perangkat desa dan lembaga desa sehingga dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dalam rangka mewujudkan pelayanan yang cepat, tepat dan mudah diakses oleh warga masyarakat desa.
  3. Peningkatan kesejahtraan perangkat desa dengan meningkatkan Pendapatan Asli Desa.
  4. Meningkatkan ekonomi masyarakat melalui sektor pertanian.
  5. Meningkatkan kapasitas sumber daya manusia yang dimiliki oleh masyarakat.
  6. Meningkatkan ekonomi masyarakat melalui penyertaan modal usaha BUMDes, sehingga dapat menjadi partner kerja bagi petani dalam rangka memberi kemudahan modal, menyiapkan sarana produksi, bibit, dan melakukan pendampingan kepada para petani sampai pada pasca panen.
  7. Meningkatkan sumber daya masyarakat agar menjadi lebih produktif dan mampu berdaya saing dalam rangka menghadapi perkembangan global.
  8. Menyediakan fasilitas sarana dan prasarana penunjang usaha ekonomi masyarakat dibidang pertanian melalui pembangunan akses jalan usaha tani.
  9. Mendorong peningkatan Sumber Daya Manusia Masyarakat Desa dengan menyelenggarakan pendidikan tuntas wajib belajar baik formal maupun non formal
  10. Mendorong peran aktif masyarakat dalam melaksanakan pendidikan tuntas wajib belajar dengan ikut berpartisipasi dalam meringankan beban biaya pendidikan.
  11. Menyelenggarakan pendidikan informal bagi masyarakat yang putus sekolah dengan cara mendirikan pusat kegiatan belajar masyarakat atau pendidikan luar sekolah.
  12. Mendirikan pusat pelatihan kerajinan dan Keterampilan usaha bagi para pemuda dan kelompok-kelompok perempuan.
  13. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat yang dinamis melalui kegiatan kepemudaan dan olahraga.
  14. Memberdayakan lembaga yang ada dan mengoptimalkan kegiatan kepemudaan dan olahraga guna meningkatkan potensi generasi muda melalui pembangunan sarana dan prasarana olahraga
  15. Memberdayakan karang taruna dan lembaga kepemudaan lainnya di desa.
  16. Menyediakan Fasilitas sarana dan prasarana penunjang usaha ekonomi melalui pemberian modal usaha perbengkelan bagi para pemuda
  17. Menyelenggarakan peningkatan kapasitas / pelatihan ketrampilan perbengkelan babi para pemuda.
  18. Menyediakan layanan Informasi dan komunikasi bagi masyarakat dan pemerintah desa melalui program Internet masuk Dusun.
  19. Menata kelola kembali BUMDes sesuai dengan petensi Desa sehingga masyarakat dapat merasakan langsung kehadiran BUMDes sebagai Badan usaha yang berpihak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa itu sendiri.

 

Kepala Desa Momala

 

 

 

FARID KIBA, SE

 

 

 

 

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar
CAPTCHA Image